Tentang
Bisnis Digital

Program Studi Bisnis Digital di Universitas Telkom Surabaya sudah disesuaikan dengan kebutuhan talenta digital di TELKOM Group yang dikenal dengan nama Telkom Digital Skill Matrix. Di dalamnya melibatkan ilmu-ilmu bisnis, manajemen, dan teknologi serta ilmu-ilmu technopreneurship yang dibutuhkan telanta-talenta muda untuk memenuhi tantangan era disrupsi.

Ciri Khas

Prodi S1 Bisnis Digital

  1. Fokus Pada Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT): Prodi Bisnis Digital di Telkom University Surabaya unggul dalam penguasaan ICT berkat dukungan dari lingkungan Telkom yang canggih.
  2. Aplikasi dalam Sektor Maritim, Transportasi, dan Logistik: Program ini membedakan dirinya dengan penerapan teknologi digital dalam industri-industri khusus seperti maritim, transportasi, dan logistik.
  3. Integrasi Pengetahuan Bisnis dan Digitalisasi: Menggabungkan pengetahuan bisnis dengan digitalisasi, mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi pemimpin yang responsif terhadap dinamika bisnis digital.
  4. Dukungan terhadap Visi Telkom University Surabaya: Prodi ini mendukung visi institusi dengan menyediakan lulusan yang siap menghadapi transformasi digital dalam sektor maritim, transportasi, dan logistik.
  5. Kolaborasi dengan Industri: Aktif menjalin kemitraan dengan industri untuk memberikan pengalaman praktis kepada mahasiswa dan memperkaya kurikulum dengan pengetahuan yang relevan secara industri.

Sejarah

Program Studi S1 Bisnis Digital berdiri pada tahun 2021, berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 95/E/0/2021. Program Studi S1 Bisnis Digital, ITTelkom Surabaya (sekarang menjadi Universitas Telkom Surabaya) pada saat awal pendirian (tahun 2021) memiliki 5 dosen institusi. Prodi ini dibuka dengan tujuan untuk memberikan pembelajaran lebih riil terkait fenomena perkembangan bisnis dan teknologi saat ini. Bekal pembelajaran di Prodi Bisnis Digital akan dibuat untuk selalu up-to-date terhadap perkembangan teknologi dalam tren revolusi industri 4.0.

Visi Misi Tujuan dan Strategi

Prodi S1 Bisnis Digital

Visi

Menjadi program studi sarjana Bisnis Digital berstandar internasional yang berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mendukung peningkatan daya saing bangsa Indonesia di bidang maritim, transportasi dan logistik.

Misi

  • Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan berstandar internasional di bidang Bisnis Digital berbasis TIK.
  • Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang bisnis digital yang diakui secara internasional.
  • Memanfaatkan keilmuan bidang bisnis digital untuk pembangunan Indonesia yang berkelanjutan, khususnya pada pengembangan industri kemaritiman, logistik, dan transportasi

Tujuan

  • Membangun reputasi sebagai penyelenggara pendidikan tinggi yang berkualitas dan berdaya saing.
  • Menghasilkan lulusan yang memiliki integritas, kompeten di bidangnya, serta mampu bersinergi dengan pihak lain.
  • Menghasilkan karya penelitian dan produk inovasi yang memberikan manfaat bagi peningkatan kualitas hidup masyarakat Indonesia.

Strategi

  • Penyelenggaraan pendidikan berbasis OBE (Outcome Based Education)
  • Peningkatan kualitas tenaga pengajar melalui program studi lanjut, percepatan jabatan fungsional, dan sertifikasi keahlian berstandar internasional
  • Menyiapkan lulusan yang memiliki sertifikasi keahlian berstandar internasional
  • Meningkatan kolaborasi dengan mitra bereputasi dalam kegiatan penelitian

Informasi Lulusan

Gelar dan Profil Lulusan Program Studi Bisnis Digital

Gelar Sarjana

Setelah lulus dan menyelesaikan Program studi Digital Bisnis, mahasiswa akan mendapatkan gelar Sarjana. Gelar sarjana yang akan diperoleh lulusannya yaitu Sarjana Bisnis Digital (S.Bns.)

Profil Lulusan

Profil lulusan dari program studi Digital Bisnis diantaranya adalah Lulusan yang memiliki kemampuan dalam menganalisis dan merancang rencana bisnis dan mewujudkannya dalam perusahaan rintisan berbasis digital (Startup Company)

Gelar Sarjana

Rizki Putra Darmawan Sutrisno, S.Bns.

Learning Outcomes

Lulusan Program Studi Bisnis Digital akan memiliki kemampuan berikut setelah mengikuti program sarjana ini

  1. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika profesi.
  2. Memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  1. Memahami teori dan aplikasi bisnis digital
  2. Menguasai dasar ilmu manajemen yang terdiri dari manajemen pemasaran, sumber daya manusia, keuangan dan operasional
  3. Menguasai penerapan keilmuan Bisnis Digital dalam penciptaan dan pengembangan usaha baru
  4. Memahami tanggung jawab keilmuan bisnis digital terhadap sosial dan lingkungan
  1. Mampu mengaplikasikan teknologi informasi dalam mendukung profesi maupun kegiatan berwirausaha
  2. Mampu bekerjasama dalam tim yang interdisiplin dan multidisiplin
  3. Mampu berkomunikasi secara efektif, kritis, dan dapat dipertanggungjawabkan
  1. Mampu memimpin tim digital dalam menyelesaikan permasalahan kompleks
  2. Mampu menerjemahkan dan menghubungkan antara kebutuhan, keinginan, dan harapan dari pelanggan dan bisnis
  3. Mampu mengembangkan produk digital yang sesuai dengan kebutuhan bisnis/pelanggan

Kekhasan

Prodi Bisnis Digital memiliki 6 kelompok kemampuan dasar bisnis digital yang dalam penyusunannya mengacu pada kurikulum wajib Aliansi Program Studi Manajemen & Bisnis Indonesia (APSMBI) dan disesuaikan dengan Telkom Digital Skill Matrix, sehingga diharapkan dapat bersaing dalam kebutuhan Industri 4.0 dan Society 5.0.

Struktur Organisasi

Prodi S1 Bisnis Digital

Galeri Dosen

Galeri Mahasiswa

Open chat
1
Halo, adakah yang bisa MinCuan bantu?
Hai 👋
Ada yang bisa kami bantu?